Sabtu, 03 September 2011

systeminfo : informasi lengkap komputer anda

"Kapan terakhir anda install Windows?". Mendapat pertanyaan ini, jika anda terlalu keseringan melakukan instalasi Windows mungkin jawabannya "Lupa!, gara-gara keseringan". Atau kalau jarang sekali melakukannya, jawaban yang Anda berikan ini "Laaaamaaaaa banget", atau "Sebulan yang lalu" atau "Tahun lalu". Kalau diubah pertanyaan menjadi "Spesifiknya kapan?". Ahhh, sebenarnya apa sih maunya? "Tidak tahu", jawaban singkat padat dan paling gampang.

Baiklah, daripada dibingungkan dengan pertanyaan konyol yang akhirnya dijawab dengan jawaban sekenanya. Di sistem operasi besutan Microsoft ini sudah terdapat fitur atau detailnya command untuk mendapatkan informasi tersebut.

Command apakah itu ? cepat saja saya jawab "systeminfo". Terus cara menggunakannya bagaimana ? "diputer, dijilat dicee..." ups salah (koq malah iklan). Berikut cara pakai yang benar ... ketikkan systeminfo di command prompt (Start > Run > cmd > systeminfo)


Ternyata dari command singkat tersebut, banyak informasi yang kita dapatkan, mulai dari OS Name, OS version, Original Install Date, System Boot System. Nah, jawaban dari pertanyaan tentang kapan terakhir dilakukan instalasi bisa dilihat di Original Install Date. Kalau digambar diatas tanggal instalasi 04/05/2011 17:15:09.

Sekian dahulu ya postingan (baca: tidak) bermutu, di lain kesempatan disambung kembali. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar